+ -
Blog sederhana ini adalah sarana memperkenalkan jasa pembuatan patung, serta jualan produk yang kami miliki, juga saluran ide dan uneg2 kami seputar pembuatan patung, relief dan action figure. Happy reading...

18 September 2012

Patung Batu Realis 'Pak Tua' Jawa

patung batu realis orang jawa pakai blangkon songgo uwang_berpikir sambil mengantuk
'Songgo Uwang' patung batu realis orang jawa pakai blangkon sedang berpikir sambil mengantuk

Patung Batu Realis 'Pak Tua' Jawa yang saya tampilkan disini dibuat dari batu cetak dangan latarbelakang suasana pedesaan Jawa di era sebelum 30-an.

Sisi kreatif dari pematung dalam pembuatan set patung batu orang Jawa ini ditonjolkan dalam dua cara; mengeksplorasi ekspresi wajah obyek dan memutilasi bagian tubuh obyek untuk menentukan komposisi bentuk artistik dari obyek. Sisi kreatif pematung dituangkan menjadi set patung dalam berbagai pose dan berbagai ekspresi wajah. Akhirnya anda jumpai patung orang tua Jawa dengan ekspresi sedang melamun, mengantuk, tidur pulas, menerawang dengan pandangan kosong, dan beberapa ekspresi wajah dan pose yang lain.

Untuk memperkuat suasana pedesaan Jawa, dimunculkan atribut khas orang Jawa berupa sarung, blangkon, caping dan kentongan yang terlihat pada adegan salah satu patung ronda malam. Disitu digambarkan dua orang tua beratribut khas Jawa tengah mengantuk di tengah kegiatan ronda dan di tengah hening suasana malam dengan membawa kentongan, alat musik tradisional Jawa.

Tak lupa, ditampilkan juga elemen penting yang tidak dapat dipisahkan dengan suasana pedesaan Jawa, yaitu patung kerbau dan bocah angon (anak gembala). Adegan paling terkenal dan klasik adalah Bocah angon (penggembala) duduk di atas punggung kerbau dilukiskan secara sangat kreatif dalam patung 'bocah angon' dan patung 'bocah angon dan ndas kebo' ( patung anak gembala dan kepala kerbau).

Ada juga melihat caping, topi tradisional Jawa yang terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk dipakai di ladang. Semuanya ditampilkan dalam satu set koleksi patung dari desa Jawa yang terbuat dari batu dengan citarasa seni sangat tinggi.

Selain berharga untuk dijadikan patung koleksi, beberapa patung juga digunakan sebagai benda asesoris pakai. Hal ini diterapkan pada bentuk produk tempat pensil dan tempat lilin dengan menggunakan kayu sebagai alas patung sekaligus juga sebagai elemen yang saling melengkapi.

Nah, agar Anda dapat dengan mudah menangkap maksud tulisan ini, berikut adalah foto-foto patung batu etnis Jawa, tapi sayangnya, kualitas gambar tidak begitu bagus.

patung batu realis_etnis jawa_bocah angon_anak gembala_tempat pensil
Patung Batu Realis 'Bocah Angon'  dimanfaatkan sebagai asesoris untuk tempat pensil

patung batu realis_etnis jawa_bocah angon_anak gembala_tempat pensil_hitam
Patung Batu Realis 'Bocah Angon' kental akan suasana pedesaan Jawa

patung batu realis_etnis jawa_bocah angon_anak gembala_kepala kerbau
Patung 'Bocah Angon-Endas Kebo'  terbuat dari batu dan digambarkan sangat kreatif

patung batu realis_etnis jawa_ 2 bocah angon_anak gembala_tempat pensil
Patung  '2 bocah angon' Patung batu anak gembala yang dimanfaatkan sebagai tempat pensil 

patung batu realis_etnis jawa_orangtua_laki-laki_tempat lilin
Patung Batu Realis 'Pak Tua" etnis Jawa  digunakan sebagai tempat lilin

patung realis batu_etnis jawa_orang tua_laki laki_mengantuk_tempat lilin
Patung realis batu 'Mengantuk'  Menggambarkan orang tua etnis jawa laki laki sedang mengantuk untuk tempat lilin

patung batu realis pak tua jawa pakai blangkon bengong
'Bengong' patung realis terbuat dari batu dengan karakter  orang Jawa memakai blangkon

patung batu realis pak tua etnis jawa mengantuk
'Mengantuk' patung batu dengan gaya realis dengan obyek pak tua etnis jawa laki-laki sedang mengantuk

patung batu realis orang jawa pakai blangkon berpikir
'Berpikir' - Patung batu realis orang jawa pakai blangkon dengan ekspresi berpikir

patung batu realis orang jawa pakai blangkon tidur pulas
'Tidur Pulsa' patung realis terbuat dari batu dengan adegan orang jawa pakai blangkon tidur pulas

patung batu realis orang jawa_ronda malam bawa kentongan
'Ronda Malam' patung batu realis dengan adegan orang jawa sedang ronda malam bawa kentongan dan tidur

5 Pembuat Patung, Relief, Action Figure : September 2012 'Songgo Uwang' patung batu realis orang jawa pakai blangkon sedang berpikir sambil mengan...

17 September 2012

Patung Buddha GRC

Patung Batu Buddha GRC
Patung 'Batu' Buddha terbuat dari GRC. Meski berukuran besar namun relatif ringan



Membuat produk patung batu Buddha dari material GRC adalah salah satu favorit para pembuat patung Buddha. Menjadi favorit karena selain mudah, permintaan untuk produk Buddha dibuat dari GRC juga berkembang, terutama untuk pasar luar negeri.

Seperti namanya, Buddha GRC atau GFRC Buddha adalah Buddha yang terbuat dari beton bertulangkan serat kaca. Kekuatannya menyerupai beton biasa namun memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Berat lebih ringan.
2. Dinding patung bisa dibuat lebih tipis.
3. Mudah di finishing dengan berbagai bahan finishing tanpa kehilangan karakter batunya.

Dari perspektif pembeli, produk Buddha dengan bahan GRC memiliki beberapa keunggulan dibandingkan produk beton dan batu cetak biasa, karena:

1. Pada saat pengiriman, jumlah produk termuat menjadi lebih besar. Batas maksimal kontainer terisi yang 18 ton, akan terisi dengan lebih banyak produk.
2. Berat produk yang lebih ringan dibanding produk batu cetak lainnya, akan memudahkan saat bongkar muat, bahkan untuk produk dengan ukuran besar sekalipun.
3. Tidak seperti produk beton biasa yang lebih cocok untuk elemen luar ruangan / taman, Produk Buddha GRC dapat diterapkan untuk asesoris indoor dan outdoor.

Secara umum, material GRC memiliki karakter yang kuat namun ringan sehingga cocok untuk membuat produk Buddha dengan ukuran besar. Contoh produk yang bisa dihasilkan dengan material GRC yaitu patung Buddha, relief, dan air mancur. Untuk produk yang terakhir, ada keunggulan lain yang dimiliki oleh bahan GRC yaitu kedap air. Keunggulan ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi berat kolam air mancur yang telah menjadi masalah utama dalam pembuatan air mancur dari batu. Dengan demikian, produk air mancur dari batu dengan kolam built-up kolam lebih mudah dibuat.

Finishing yang dapat diterapkan pada produk Buddha GRC adalah 'stone look', warna tembaga, warna emas, warna perak, menyerupai teraso atau berbagai jenis finishing lainnya.

Relief Buddha dari bahan GRC berukuran besar
Relief Buddha dari bahan GRC berukuran besar

Selengkapnya,  silahkan kunjungi katalog Patung dan relief Buddha yang kami miliki.


5 Pembuat Patung, Relief, Action Figure : September 2012 Patung 'Batu' Buddha terbuat dari GRC. Meski berukuran besar namun relatif ringan Memb...
< >