23 Desember 2012

Cara Membuat Patung Batu Cetak Resin

proses dan cara membuat patung batu cetak resin
Proses dan  cara membuat batu cetak resin harus dilakukan dengan tangan

Banyak cara membuat patung (juga relief) batu cetak yang bisa dilakukan, setiap pembuat patung memiliki cara masing-masing. Bahan 'batu' yang digunakan juga berbeda-beda. Yang akan saya sampaikan disini adalah cara membuat batu cetak dengan bahan resin atau sering disebut batu fiber.

Prinsip dan tujuan pembuatan patung batu cetak adalah membuat "patung batu" menggunakan teknik cetak supaya waktu penyelesaian bisa lebih cepat dengan bentuk yang tidak berubah alias bentuknya sama. Sehingga teknik ini cocok untuk membuat reproduksi patung batu dalam jumlah banyak. Dengan kata lain, untuk melayani pesanan pembuatan patung batu dengan kuantitas atau jumlah besar.

Teknik membuat patung batu inilah yang banyak diaplikasi oleh pengrajin patung batu di Borobudur, Muntilan, Prambanan, juga di Bantul Jogja untuk membuat patung Buddha, relief Candi Borobudur dan Prambanan, replika stupa, replika candi dan patung dewa Hindu - Buddha.

Bahan yang digunakan:
  • Serbuk atau Mill Batu. Mill batu adalah batu yang sudah digiling menjadi serbuk batu. Jadi bahan utamanya tetap batu (bukan semen atau pasir).
  • Resin. Bahan resin berfungsi untuk mengikat serbuk batu sehingga bisa disatukan menjadi bentuk tertentu.
  • Talk bubuk (talc powder). Talk digunakan sebagai bahan finishing.
  • Cairan Katalis untuk membuat semua komponen bahan menjadi 'bekerja'. Dalam hal ini patung yang dicetak menjadi kering.
  • Cobalt sebagai akselerator mempercepat pengeringan.
  • MAA untuk melapisi permukaan cetakan.
  • Fiberglass Mat untuk tulangan/perkuatan.
Alat yang digunakan:
  • Cetakan. Bisa terbuat dari silikon, resin fiber, sealant, atau cetakan yang lain.
  • Sarungtangan
  • Masker
  • Kayu dan alas untuk mencampur adonan.
  • Kuas
  • Sikat
  • pisau dan sejenisnya.
Proses dan Cara membuat:
Proses mencetak:
  1. Siapkan cetakan. Dalam penjelasan cara membuat batu cetak ini kita akan menggunakan cetakan silikon. Cetakan silikon kita pilih karena memiliki banyak keunggulan. 
  2. Bersihkan permukaan cetakan dengan kuas atau sikat lembut secara perlahan supaya tidak sampai cacat. Dengan menggunakan kuas, olesi permukaan cetakan dengan MAA supaya nantinya cetakan tidak lengket atau mudah dilepas.
  3. Buat adonan / campuran bahan untuk isian patung (cor) dengan komposisi, 1 bagian resin dan 5 bagian mill. Untuk membuat patung batu hitam (batu candi) gunakan mill batu hitam dan untuk patung batu putih gunakan mill batu putih. 
  4. Untuk memulai, tambahkan cairan katalis secukupnya lalu aduk adonan mill dan resin sampai benar-benar tercampur. 
  5. Prinsip pemakaian katalis adalah semakin banyak katalis, semakin cepat kering adonannya. Perlu latihan berulang-ulang supaya menemukan takaran dan tekanan saat mencampur dengan pas. Resin memiliki sifat plastik, sehingga terlalu banyak resin, permukaan patung  yang dihasilkan akan terlihat mengkilat, sebaliknya terlalu sedikit resin dan terlalu lemah mengaduk, membuat patung mudah patah (bhs.jawa- mripil).
  6. Isikan adonan resin dan mill kedalam cetakan. Masukkan dengan tangan dengan hati-hati dan teliti supaya semua bagian cetakan terisi.
  7. Gunakan bahan penguat atau tulangan untuk bentuk-bentuk rawan atau yang berukuran besar supaya nantinya patung tidak mudah patah. Bisa gunakan fiberglass mat, besi, atau bahan yang lain.
  8. Untuk mempercepat pengeringan, bisa digunakan cairan cobalt (dicampurkan saat membuat adonan). 
  9. Diamkan, tunggu sampai kering dan keluarkan hasil cetakan patung dari cetakan.
Proses Revisi dan Finishing:
Ketidakrapian saat menyiapkan cetakan dan mengisikan adonan kedalam cetakan biasanya akan membuat patung hasil cetakan tidak rapi. Garis cetakan terekam terlihat jelas, banyak lubang dan banyak sisa kotoran adonan yang mengering dan menempel pada patung. Untuk itu diperlukan proses revisi untuk merapikan. Gunakan kuas, sikat, pisau atau apa saja yang bisa digunakan.

Patung yang baru keluar dari cetakan memiliki warna hitam kelam (warna batu basah). Untuk membuat patung nampak seperti patung batu alam yang asli, taburkan bubuk talk ke seluruh permukaan patung.

Patung batu cetak telah selesai dibuat. Untuk kelengkapannya, biasanya ditambahkan alas karet (rubber pad) pada bagian alas.

Catatan Penting:
  • Gunakan masker dan sarung tangan karena bahan adonan resin dan mill batu mengeluarkan bau menyengat dan apabila terlalu lama bersentuhan dengan kulit mengakibatkan iritasi.
  • Fiberglass mat kalau bersentuhan langsung dengan kulit akan menyebabkan rasa gatal.
Berikut foto ilustrasi proses dan cara membuat patung batu cetak resin fiber.
Anda bisa memberikan komentar, like atau sebarkan  kalau anda anggap bermanfaat bagi orang lain.

patung buddha batu baru dicetak resin_warna sangat hitam
Patung buddha batu cetak resin belum difinishing. warnanya sangat hitam 

relief eva dari batu cetak resin untuk tempat lilin tempel di dinding
Relief batu "Eva" dibuat dari batu cetak resin untuk tempat lilin ditempel di dinding 
patung yunani dibuat dari batu cetak resin
Patung Yunani dibuat dari batu cetak resin
patung batu cetak resin
batu cetak resin cocok untuk teknik pengerjaan order patung batu dalam jumlah banyak
5 Pembuat Patung, Relief, Action Figure : Desember 2012 Proses dan  cara membuat batu cetak resin harus dilakukan dengan tangan Banyak cara membuat pa...

13 Desember 2012

Souvenir Jam Batu


souvenir _cinderamata perusahaan_jam surya majapahit
Souvenir Jam Surya Majapahit terbuat dari batu adalah salah satu produk souvenir / cinderamata perusahaan (corporate gift) yang pembuatannya dipercayakan kepada kami oleh sebuah kantor komunikasi di Jakarta untuk Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia Jakarta (LBI-UI).

Menurut sumber sejarah, Surya Majapahit adalah emblem atau logo yang berasal dari Kerajaan Majapahit dan hanya dimiliki dan digunakan oleh kerabat karajaan Majapahit pada abad 13 Masehi. Dari artefak yang ditemukan di sekitar bekas Keraton Majapahit, Emblem surya Majapahit biasanya dibuat dari terakotta atau dipahatkan pada batu. Sesuai namanya, logo atau emblem ini berupa ornamen sinar matahari yang membentuk segi delapan dan didalamnya berupa lingkaran dengan pahatan delapan figur dewa dalam agama Hindu.

Pemakaian simbol Surya Majapahit pada souvenir ini dimaksudkan untuk mewakili dan mempertebal identitas ke-Indonesia-an dari Universitas Indonesia melalui desain khas yang dihasilkan oleh Budaya Indonesia.

Souvenir Jam Surya majapahit dimaksud memiliki ukuran Tinggi 18 x 15 x 6 cm. Mengingat ukuran souvenir yang tidak begitu besar dan untuk tetap mempertahankan detil ornamen, maka dipilihlah bahan batu cetak sebagai bahan untuk bidang jam.

Bingkai dibuat dari bahan MDF dengan finishing cat warna hitam Matte/Doff.

Pemilihan jarum jam dari logam warna hitam dengan ornamen bergaya klasik sangat cocok dan menyatu sempurna dengan tampilan jam secara keseluruhan.

Label nama menggunakan bahan etsa logam stainless warna putih.

Berikut adalah beberapa foto proses pembuatan souvenier perusahaan jam Surya Majapahit.


detil desain dan spesifikasi souvenir jam surya majapahit



model lilin untuk souvenir perusahaan jam surya majapahit
model lilin untuk bidang jam

souvenir jam surya majapahit dari batu_company gift_souvenir perusahaan
Jam Surya Majapahit terbuat dari batu cocok untuk souvenir atau cinderamata perusahaan dengan hiasan khas Indonesia

label nama etsa stainless
logo dari etching /etsa stainless

jam dari batu untuk souvenir
souvenir jam dari batu sedang di finishing

5 Pembuat Patung, Relief, Action Figure : Desember 2012 Souvenir Jam Surya Majapahit terbuat dari batu adalah salah satu produk souvenir / cinderamata...

1 Desember 2012

Pembuatan Cetakan Patung Silikon

buat cetakan patung silikon
Proses dan cara membuat cetakan patung dari silikon

Cetakan Patung Silikon adalah cetakan patung yang paling baik. Dibanding cetakan patung dengan bahan yang lain (cetakan gips, cetakan fiber, Sealent, Semen, dll.), cetakan patung silikon memiliki beberapa keunggulan;

1. Mampu merekam setiap detil patung. Garis sidik jari, garis rambut atau sebuah titik dipermukaan patung mampu direkam dengan baik. Sehingga cetakan patung silikon sangat cocok digunakan untuk membuat atau reproduksi patung atau relief yang kaya dekorasi dan patung atau relief yang membutuhkan tingat detil dan presisi tinggi.

2. Cetakan patung silikon memiliki sifat karet yang elastis, sehingga diperlukan, bahkan menjadi keharusan saat membuat patung atau relief dengan tingkat kerumitan tinggi. Misalnya untuk merekam tampilan ceruk, celah-celah sempit dan dalam, bentuk belokan yang tajam, dan kondisi lain yang secara teknis tidak bisa dibuat dengan cetakan masif.

4. Masa pakai lebih panjang. Mampu dimanfaatkan untuk membuat atau reproduksi patung dengan frekuensi lebih banyak.

3. Cetakan silikon dapat digunakan untuk membuat dan reproduksi patung, relief atau bentukan lain dengan dengan berbagai material isian. Cocok untuk membuat patung resin, patung batu, patung GRC, dan berbagai patung dari material lain.

Meski biaya pembuatannya lebih mahal dibanding biaya pembuatan cetakan patung yang lain, namun karena fungsi dan keunggulannya, maka cetakan patung silikon merupakan jenis cetakan yang menjadi pilihan dan harus dikuasai oleh para pembuat patung.

Berbagi pengetahuan, berikut adalah proses dan cara pembuatan cetakan patung silikon. Dicantumkan juga foto tahap-tahap pembuatan cetakan silikon, juga material dan bahan yang digunakan.

I. Bahan untuk membuat cetakan patung silikon.

bahan cetakan patung silikon
Bahan untuk membuat cetakan patung; silikon rubber, katalis, wax atau lempung ditambah kain kasa

Fiberglass mat cetakan patung silikon
Fiberglass mat untuk perkuatan cetakan patung silikon

II. Pembuatan Lapisan Silikon untuk Cetakan

master cetakan silikon reproduksi patung
Master Patung yang akan dibuat cetakan. Cetakan bisa dibuat  dari model tanah liat (biasanya untuk cetakan baru) atau dari master, biasanya disebut dengan proses reproduksi. Bagian tangan dibuatkan cetakan tersendiri. Pastikan posisi patung tidak bergerak atau goyang

ratakan permukaan model patung dengan wax atau tanah liat
Rapikan permukaan model patung yang akan dibuat cetakannya. Tambal/tutup lubang dengan wax atau lempung 
menutup model patung dengan silikon_lapisan cetakan pertama
Setelah permukaan dibersihkan, termasuk lubang diratakan pembuatan cetakan bisa dimulai dengan mengoleskan lapisan pertama silikon menutup seluruh permukaan patung

pembatas sambungan lapisan silikon pada potongan cetakan
Apabila patung berukuran cukup besar atau cetakan harus dibuat potongan beberapa bagian, maka  harus dibuatkan pembatas untuk sambungan silikon. Dibuat dari tanah liat atau wax

Selain dengan kuas, silikon bisa dioles dengan tangan telanjang. Digunakan untuk merapikan atau menjangkau bagian- bagian sulit. Silikon aman untuk kulit

penguatan lapisan silikon dengan kain kasa pada cetakan patung
Buat 2 lapisan silikon. Antar lapisan diperkuat dengan kain kasa

III. Pembuatan Rumah Cetakan Patung

pembatas sambungan potongan cetakan patung
Setelah lapisan silikon selesai dibuat, waktunya buat rumah cetakan dari fiber. Langkah pertama buat pembatas untuk sambungan potongan cetakan. Seperti pada pembuatan lapisan silikon, buat pembatas dengan tanah liat atau wax 

kunci sambungan potongan cetakan silikon_tonjolan dan cekungan
Buat kunci untuk sambungan rumah cetakan. Pada satu potongan dibuat tonjolan, potongan yang lain dibuat cekungan. Sehingga tiap potongan cetakan bisa disambungkan dengan rapat.

membuat rumah cetakan patung silikon dengan resin talc
Tutup atau olesi lapisan silikon dengan adonan resin untuk membuat rumah cetakan. Warna biru adalah lapisan silikon  yang belum tertutup

fiberglass mat rumah cetakan patung silikon
Buat 2 lapis resin untuk rumah cetakan patung silikon. Perkuat antar lapisan dengan fiberglass mat.

sekrup untuk membuka tutup cetakan patung silikon
Setelah rumah cetakan selesai, rapikan cetakan dan pasangkan sekrup sebagai pengunci cetakan saat cetakan digunakan
cetakan patung silikon baru selesai dibuat dan siap pakai mencetak patung
Cetakan patung dari bahan silikon selesai dibuat dan siap digunakan mencetak patung. Didalamnya terdapat lapisan silikon

lapisan silikon dan rumah cetakan pada cetakan patung silikon
Gambaran lapisan silikon dan lapisan rumah cetakan pada cetakan patung silikon

IV. Produk Hasil Cetakan Silikon

Patung Buddha Batu dibuat dengan cetakan silikon
Produk patung Buddha dari batu cetak yang dihasilkan dari cetakan patung menggunakan bahan silikon
Jasa Membuat Cetakan
Untuk teman-teman yang memiliki kebutuhan membuat cetakan, dan tidak mau repot, kami juga membuka jasa membuat cetakan untuk memudahkan anda lebih konsentrasi ke aktivitas pengecoran.


5 Pembuat Patung, Relief, Action Figure : Desember 2012 Proses dan cara membuat cetakan patung dari silikon Cetakan Patung Silikon adalah cetakan pa...
< >